Anda pernah dengar penyakit jablang tanah? Apakah penyakit itu..? mungkin anda tidak pernah mendengarnya, tetapi saya sudah 2 kali mendengar cerita mengenai adanya penyakit ini.  Dari segi medis (kedokteran) penyakit ini dianggap penyakit kulit yang membahayakan, karena tidak dapat diobati sehingga jalan satu2nya adalah memotong anggota tubuh yang terkena penyakit ini.  Mari kita cari kebenarannya…

Ini adalah kejadian nyata, terjadi sekitar 15 tahun yang lalu… dimana bibi saya juga menderita penyakit aneh ini.  Waktu itu tante saya sedang asyik membersihkan halaman didepan rumahnya sambil berkebun dan membersihkan sampah2 yang ada ditanah dengan tangannya.  Beberapa hari kemudian tiba2 ia merasakan gatal di telapak tangan kirinya… dan dihari berikutnya telapak tangannya seperti melepuh dan berbintik-bintik.  Mulanya tante saya hanya menyangka ini penyakit kulit biasa yang nantinya bakalan sembuh sendiri.  Tetapi dari bulan ke bulan kulit melepuh tersebut malah semakin naik dari telapak tangan perlahan-lahan menuju siku, bahu, dan akhirnya hingga ke pipi.

Om saya merasa aneh kok sudah setahun lebih nggak sembuh2, dan parahnya lagi setiap adzan maghrib tante saya merasa gatal yang luar biasa.  Akhirnya om saya membawa seorang tetangga sebelahnya yang konon katanya ahli metafisika yang cukup ngerti dalam hal penyakit medis maupun non medis.. sebut saja pak Bambang.  “Ooh, ini penyakit jablang tanah” begitu katanya, kalo di bawa kedokter nggak akan sembuh.  Apakah ini penyakit non medis? “Bukan, memang ada penyakit kayak gini… “ kalo memang demikian mengapa dokter tidak bisa menyembuhkan? Masih belum tahu kebenarannya nih…

Akhirnya keesokan harinya ia membawa telur ayam kampung dan menulis beberapa tulisan arab di telur tersebut beserta beberapa barang dan bahan lainnya.  Ia menggosok-gosokkan telur tersebut ditelapak tangan hingga bahu tante saya berulang kali, sekali2 ia melemparkan telur tersebut kelantai.. Namun anehnya ketika dilempar, telur tersebut tidak pecah… ia hanya berguling2 dilantai.  Kemudian diambil lagi dari lantai dan digosokkan kembali ketangan tante saya, begitu terus hingga akhirnya telur tersebut menjadi lempung, kosong tidak ada isinya.  Begitu dipecahkan ternyata isi telur tersebut gosong dan hangus padahal tidak ada dibakar.

Selanjutnya apa yang terjadi? Dari telapak tangan tante saya muncul 3 buah titik, kemudian ketika diurut2 keluarlah 3 ekor binatang aneh berbentuk seperti rayap keluar dari lubang tersebut.  Bentuknya aneh, memiliki capit dikepalanya dan badannya berbentuk seperti ulat.  Kemudian Pak Bambang menggosokkan tangannya ke ke tempat kulit2 yang melepuh tersebut dari pipi hingga telapak tangannya.  Cringg… dalam sekejap, kulit yang melepuh tersebut tanggal tak berbekas seperti kulit baru tanpa cela, padahal sebelumnya kulit yang melepuh tersebut menjijikkan dan berlubang2.  Ajaib, dengan pengobatan tersebut tangan tante saya persis seperti tidak terkena penyakit kulit apapun.  Aneh ya?

Jablang tanah merupakan penjaga tanah, ia terdapat didalam tanah2 yang mungkin ada penunggunya atau dikayu2 yang mungkin juga ada penunggunya… kemungkinan, soalnya hingga kini masih misterius kebenarannya, tetapi kejadian ini nyata terjadi dialami oleh tante saya.

Setahun kemudian, hal yang sama juga terjadi pada temannya teman om saya (wah ribet ya?)… waktu itu dia pipis disuatu tempat sambil memegang sebuah kayu, mendadak dia merasa jari telunjuknya seperti digigit oleh binatang.  Alhasil, beberapa hari kemudian telunjuknya juga melepuh seperti tante saya hanya saja dia baru sampai satu telunjuk yang mengembang dan membesar jadi lebih gede dari jempol.

Dokter tidak dapat mengobatinya, dan jalan terakhir ia harus diamputasi telunjuknya agar tidak menyebar sampai ke bagian atas lainnya.  Sebelum di amputasi, teman om saya menganjurkan untuk bertemu dengan om saya “wah, ini sama seperti istri teman saya… yuk coba kita temui dia, siapa tau penyakit ini sama”.  Setelah bertemu om saya, ia mengatakan bahwa memang benar ini sama dengan penyakit tante saya dulu.

Akhirnya dibawalah teman tersebut ke pak Bambang, ternyata ini agak sulit dan cukup parah.  Pak Bambang sampai sempat pingsan sebentar ketika mengobatinya, dan orang yang diobati juga kesakitan karena harus dicabut dengan paksa.  Kali ini caranya berbeda, karena sudah parah pak Bambang mencabutnya melalui pijatan di kaki yang sangat sakit sehingga membuat teman tersebut terkencing2.  Setelah itu, sim salabim seperti sulap… jari telunjuk yang membengkak tersebut terkupas seperti pembungkus dan dibaliknya telunjuk tersebut menjadi mulus lus tanpa bekas apapun termasuk kukunya menjadi seperti baru.  Padahal sebelumnya kukunya telah hancur demikian pula dengan jarinya, seperti sulap menjadi mulus seketika.

Sangat aneh, tetapi penyakit ini memang benar adanya dan ini adalah fakta bahwa selain penyakit medis ada pula penyakit non medis.  Sampai saat ini penyakit jablang tanah sangat misteri, karena dibilang non medis juga bukan karena ia disebabkan oleh jablang tanah yang bentuknya seperti rayap.  Tetapi jika dilihat, sakit yang ada itu seperti tipuan mata karena ketika dikeluarkan maka tangan atau anggota tubuh yang terkena langsung sembuh dan mulus meskipun dulunya sudah hancur kulitnya dan berlubang2.

Anda tahu kebenarannya?  Hingga saat ini belum tahu kebenarannya… tapi ini nyata terjadi, dan saya mendengar langsung ceritanya

Iklan