Tidak ada yang dapat menjelaskan keajaiban dari fenomena ini, dimana seorang manusia telah menunjukkan ciri2 mati namun dapat hidup kembali.. fenomena ajaib ini dikenal dengan mati suri.  Fenomena ini sangat jarang terjadi, namun hal ini adalah keajaiban yang luar biasa dan tidak dapat diteorikan dengan ilmu kedokteran.

Sebenarnya mati suri ini adalah kondisi dimana seseorang mengalami koma, namun sangat berbeda dari layaknya koma pada umumnya.  Koma yang kita kenal adalah kondisi dimana seseorang tidak sadarkan diri karena kondisi tubuhnya yang sangat lemah akibat suatu kondisi misal menderita sakit atau kecelakaan, hal ini tergantung kemampuan orang tersebut untuk melalui masa koma ini.  Bila ia tidak mampu maka koma akan berujung pada kematian, namun bila mampu melewati masa krisis ini biasanya orang tersebut berangsur pulih kembali bahkan sembuh.  Kondisi koma ini menyebabkan pasien penderitanya tidak sadarkan diri dalam jangka waktu yang cukup lama, namun peredaran darah, denyut jantung dan fungsi organ tubuh lainnya masih normal.

Berbeda halnya dengan mati suri, orang tersebut benar2 terlihat mati dimana tidak ada denyut jantung, tidak ada nafas, dan bahkan peredaran darahpun terhenti.  Sehingga banyak orang menganggapnya sudah benar2 mati.  Beberapa kasus menyebutkan bahwa ada yang bahkan hidup kembali dari mati surinya pada saat telah dikuburkan sehingga orang pun mengira ia bangkit.  Bagi dokter yang mengetahui kondisi ini bisa dilihat dari adanya denyut nadi yang sangat2 lambat dan pelan, pupil mata yang masih bereaksi bila diberikan cahaya, kulit dan wajah tidak terlihat pucat, dan beberapa kondisi lain yang agak sukar diperiksa.  Namun adapula kasus mati suri yang benar2 menunjukkan mati dan tidak dapat diperiksa dengan cara tersebut.

Ajaibnya setiap orang yang mengalami fenomena ini selalu hidup kembali dengan sifat yang berbeda, ada yang mendadak pandai mengobati penyakit, menjadi paranormal, bahkan kemampuan yang jarang dimiliki manusia normal.  Lalu, apakah sebenarnya yang terjadi pada orang yang mengalami mati suri ini?

Kita bahkan tidak mengetahui apa dan bagaimana fenomena ini bisa terjadi, ini adalah kuasa sang maha pencipta kita sehingga pantaslah bila kita katakan itu adalah kesempatan kedua bagi manusia yang telah mengalaminya atau ada maksud tertentu yang mungkin kita tidak mengetahuinya.  Beberapa orang yang pernah mengalami mati suri mengatakan bahwa mereka berada di alam yang berbeda atau bahkan mendapatkan pelajaran tertentu dari alam yang lain.  Apakah benar? Masih belum diketahui kebenarannya, namun hal ini banyak diungkapkan oleh orang2 yang pernah mengalaminya.

Sebut saja pak Bungsu, seorang kakek yang dikenal sangat ramah dan santun serta taat beribadah.  Suatu ketika ia mendadak sesak nafas dan tergeletak di atas sejadahnya ketika ia sedang menunaikan sholat berjamaah bersama istrinya.  Sontak istrinya terkaget dan berteriak, ketika ia memangku suaminya itu ia merasakan suaminya sudah tidak bernafas.. ia pun menangis karena mengira suaminya telah tiada.  Ajaibnya tidak beberapa lama kemudian, pak Bungsu hidup kembali setelah beberapa menit terlihat mati.

Menurut pak Bungsu ia pun terkejut ketika merasakan dirinya hidup kembali karena impiannya adalah mati ketika sholat.  Ia mengaku bahwa ia dibawa terbang oleh dua orang yang tidak ia kenal dan ditunjukkan padanya suatu tempat yang sangat indah, ia bahkan tak bisa berkata apa2 pada saat itu.  Ketika sadar ia pun menceritakan hal tersebut dan ia pun tidak mengerti apa makna dari fenomena yang ia alami saat itu.

Cerita lain juga dialami oleh Azlina, seorang wanita yang menderita Hyperthiroid sejak 2 tahun.  Ia benar2 mati pada saat itu dihadapan paman dan tim medis di rumah sakit.  Ajaibnya 2 jam kemudian ia hidup kembali, padahal dokter sudah memvonisnya meninggal dunia.  Ia menceritakan bahwa selama 2 jam ia mati, ia dibawa ke suatu alam yang berbeda dengan alam kita dan ia merasa bahwa dirinya sudah berada di alam itu selama 2000 tahun danitu ia hitung dengan baik..padahal didunia nyata ia mati hanya 2 jam.

Fenomena mati suri ini nyata dan ada, bukan mitos, bukan pula cerita bohong, fenomena ini merupakan keajaiban dan kuasa Tuhan sang pencipta yang mempunyai makna dan arti pada kita semua.  Namun keadaan ini juga masih menjadi misteri dan mungkin bisa dikatakan suatu mukjizat dari Tuhan yang maha berkehendak.