Penyakit yang satu ini adalah penyakit paling ganas dan paling membunuh di dunia setelah penyakit jantung… betapa tidak, kemungkinan sembuhnya sangat tipis bila sudah stadium lanjut.  Bisa dikatakan bahwa bila penyakit ini diderita seseorang, maka itu berarti adalah bom waktu baginya yang tinggal menunggu kapan akan meledak.

Penyakit keganasan atau dikenal dengan Kanker, adalah penyakit yang belum diketahui secara jelas penyebabnya.  Beberapa sumber yang mungkin menjadi penyebabnya seperti radiasi, paparan bahan kimia, mutasi gen, vurus dan penyebab lainnya yang tidak diketahui.

Namun umumnya, penyakit ini paling banyak disebabkan karena unsur genetika alias keturunan.. dimana apabila ada diantara keluarganya yang pernah menderita kanker tertentu maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi pada keluarga lainnya.  Penyakit kanker yang disebabkan oleh unsur genetika misalnya seperti kanker payudara, beberapa kasus kanker rahim, kanker otak dan leukimia.

Ada seorang anak yang sebelumnya sangat sehat, badannya gemuk dan riang ketika bermain.  Namun betapa terkejutnya ketika suatu saat mendadak anak tersebut tidak mampu berjalan, kakinya dan kulitnya tampak muncul biru-biru.  Ketika diperiksa ternyata ia terkena leukimia, sungguh mengejutkan padahal sebelumnya ia tampak sehat dan pola makannya juga biasa saja.  Misteri ini masih menjadi penelitian para pakar pengobatan di dunia, dan hingga kini pula obat yang tepat untuk mengobatinya masih susah ditemukan.

Sementara ini, pengobatan yang paling dianggap berhasil untuk menyembuhkan kanker yaitu dengan radiasi penyinaran dan kemotrapi.  Dimana efek dari pengobatan ini juga luar biasa merusak, malahan bisa jadi penderita meninggal bukan karena penyakitnya tapi justru karena pengobatannya yang sangat merusak.  Seperti buah simalakama, maju kena mundur kena.. mengobati dengan jalur yang lain belum dipastikan keampuhannya, menjalani pengobatan dengan radiasi dan kemotrapi ini lumayan memberikan harapan tetapi tersiksa dan membahayakan juga.

Apakah benar penyakit ini datang dari pola makan yang salah ? ataukah ada faktor lainnya.  Kemungkinan ini disebabkan karena faktor genetika, misalnya ada orang yang sangat kuat merokok namun ia tetap sehat dan tidak terserang  kanker paru2.. namun adapula yang kuat merokok akhirnya menderita penyakit ini.  Semua tergantung daya tahan tubuh dan struktur genetika orangnya.

Perlu diingat, bila dihitung dari moyang kita nabi Adam tentunya kita sudah generasi kesekian juta dari umat manusia, dan tentu saja genetika kita juga semakin menurun.  Oleh sebab itulah dianjurkan bagi kita untuk memperbaiki keturunan dan memilih pasangan hidup yang akan melahirkan anak kita nantinya.  Misalnya kawin lah dengan orang yang sangat jauh hubungan keluarganya, ketahui silsilahnya jangan sampai masih keluarga dekat satu ayah.  Lebih bagus lagi bila kita kawin beda ras misal dengan bule, china, jepang, india, arab, dan sebagainya maka anak kita juga menjadi hybrida.

Kebanyakan beberapa kasus penyakit keturunan seperti beberapa jenis kanker dikarenakan ada keturunan yang membawanya terutama dari pihak perempuan.  Untuk itu perlu diketahui silsilah keluarganya jangan sampai antara pasangan lelaki dan perempuan memiliki riwayat keluarga dengan penyakit yang sama.  Memang tidak semua akan menurunkan penyakit ini, tetapi diantaranya pasti ada salah satu yang menurunkannya atau bisa jadi keturunan berikutnya misalnya cucu.

Keganasan yang terjadi didalam tubuh umumnya karena kurangnya daya tahan tubuh kita untuk melawan cikal bakal penyakitnya, dan daya tahan tubuh ini sangat bergantung kepada keturunan, pekerjaan , pola hidup, dan faktor lainnya.  Dahulu penyakit ini kasusnya tidak terlalu banyak, namun sekarang penyakit ini sudah menjadi pembunuh yang cukup banyak ditemui.  Hal ini mungkin disebabkan karena faktor genetika manusia yang semakin menurun setelah bersilang-silang keturunan demi keturunan.

Sebagai contoh ayam kampung dan ayam potong, daya tahan ayam kampung 4x lebih kuat dari ayam potong.. namun dari segi besarnya tubuh dan padatnya daging ayam potong jauh lebih baik dari ayam kampung.  Hal ini disebabkan karena ayam potong telah mengalami banyak persilangan dari berbagai jenis ayam sehingga unsur genetikanya berubah.  Ayam potong sangat rentan terhadap penyakit dan mudah sekali mati bila terkena wabah walaupun kecil.  Demikian halnya manusia, semakin banyak generasi kita maka kemampuannya untuk melawan penyakit akan semakin menurun.. sehingga di masa depan penyakit2 baru akan banyak bermunculan karena lemahnya genetika kita sedangkan penyakit dan virus juga bermutasi untuk menjadi lebih kuat.

Untuk itu, berjaga-jaga adalah hal yang tepat terutama bagi yang punya riwayat keluarga yang pernah terkena kanker.  Karena penyakit ini belum ditemukan obat ampuhnya, terapi pengobatan yang digunakan saat ini bukanlah obat sebenarnya melainkan hanya metode peremisian penyakit sehingga orang yang sembuh juga masih ada kemungkinan terserang kembali.  Jaga pola hidup, terutama pola kerja, makan dan istirahat.. sebaiknya bila ingin menikah atau mencari pasangan hidup perhatikan garis keturunannya dan lakukan pemeriksaan sebelum melakukan pernikahan (ini biasanya dianjurkan oleh KUA sebelum menikahkan).  Jangan sampai kawin dengan keluarga dekat, apalagi dengan saudara satu ayah.  Lebih baik mencegah daripada mengobati.. Apakah ini benar? atau tulisan ini salah? masih mencari kebenarannya…