Ini adalah sebuah fenomena unik yang masih menjadi misteri di masyarakat dunia, yaitu sebuah pola unik dari suatu ladang rumput ataupun gandum yang terpotong secara rapi dan bersih.  Masih belum diketahui kebenaran penyebabnya hingga saat ini, ada yang menyangkut pautkannya dengan berbagai macam mulai dari mahluk luar angkasa sampai UFO.

Pada bulan Juli 1996 pukul 18:15 malam, seorang pilot sedang menerbangkan pesawatnya melewati ladang-ladang gandum di Wiltshire, di dekat monumen kuno Stonehenge. Di kursi belakang, seorang dokter yang menjadi penumpangnya asyik memotret pemandangan dibawahnya. Mereka bisa melihat lahan-lahan gandum yang bersih dan rapi dari atas pesawatnya. Sekitar 15 menit kemudian, mereka kembali terbang melewati ladang gandum yang sama. Kali ini mereka melihat ladang gandum tersebut telah dihiasi oleh pola-pola spiral raksasa yang indah, yaitu sebuah crop circle dengan pola terhebat yang pernah dilihat oleh manusia, pola yang dianggap mewakili fraktal matematis Julia Set.

Julia Set adalah sebuah formula matematika yang digunakan untuk melakukan pengukuran yang kompleks yang berhubungan dengan teori chaos. Formula ini pertama kali ditemukan oleh Gaston Julia pada awal abad ke-20. Namun keindahan formula ini baru dapat disaksikan ketika komputer ditemukan. Saya yakin anda tidak tertarik untuk mengetahui rumus-rumus formula ini, namun anda pasti tertarik melihat fraktal yang dihasilkannya, seperti gambar indah dibawah ini :


Gambar diatas adalah gambar fraktal Julia Set yang dihasilkan oleh komputer. nah, kelihatannya fraktal ini mirip dengan fenomena aneh yang terjadi di ladang gandum Wiltshire.

Pada tahun 1996, sebuah crop circle yang dianggap sebagai representasi fraktal Julia Set muncul di Wiltshire, dekat dengan Stonehenge. Pola ini dianggap sebagai salah satu pola terhebat yang pernah ada. Ia memiliki 149 lingkaran yang membentuk sebuah crop circle raksasa. Seperti yang saya ceritakan di atas, pilot pesawat tersebut memang tidak menyaksikan crop circle ini terbentuk, namun ia menyatakan bahwa 15 menit sebelumnya pola ini belum ada di ladang tersebut. Jadi crop circle ini boleh dibilang terbentuk hanya dalam tempo maksimal 15 menit !

Para peneliti menyebut crop circle ini dengan sebutan Single Julia Set.

Mengapa crop circle di atas disebut single julia set ? Jawabannya adalah karena pada tahun itu juga di Windmill Hill, muncul sebuah crop circle yang juga merepresentasikan fraktal Julia. Namun kali ini lebih luar biasa karena crop circle ini memiliki 3 lengan yang terbentuk dari 194 lingkaran yang meliuk berlawanan dengan arah jarum jam. Pola ini disebut dengan Triple Julia Set.


Kemudian 5 tahun setelah pemunculan kedua crop circle di atas, pada tanggal 13 Agustus 2001, para penduduk melaporkan kemunculan yang lebih luar biasa lagi di Milk Hill, Wiltshire, yaitu sebuah crop circle dengan enam lengan. Crop circle ini disebut 6 spiral Julia Set dan memiliki 409 lingkaran yang membentuk pola raksasa ini.


Sampai saat ini, ketiga pola crop circle ini mungkin adalah pola yang paling terkenal yang pernah ada, karena ini adalah crop circle pertama yang diketahui memiliki hubungan dengan formula matematika yang rumit.

Sumber : http://jendralberita.wordpress.com/

Pesan Rahasia ?

Benarkah fenomena aneh yang terjadi ini merupakan suatu pesan rahasia? lantas pesan apakah yang disampaikan? atau hanya sekedar tanda biasa saja?  Yang jelas fenomena ini masih dicari kebenarannya… Lalu mengapa pesan ini menyerupai dengan formula rumus Fractal Julia Set? padahal fractal julia set ditujukan untuk pengukuran kompleks yang berhubungan dengan Teori Chaos.

Bila kita telaah lebih lanjut, tidak mungkin tanda ini hanya dibuat untuk keisengan belaka… selain itu polanya tidak sama dan berubah2.  Coba lihat pola pertama yang ditemukan, hanya terdapat satu pola julia set saja.. kemudian dilanjutkan dengan 3 pola julia set, dan terakhir ada 6 pola julia set.  Artinya pesannya semakin meningkat saat ditemukan.. sehingga ini ada maksud dan tujuannya.

Bisa jadi ini adalah tanda dari mhaluk ghaib yang kita sendiri tidak tahu apa maksudnya, dan mengapa tanda itu dibuat dipadang gandum? Biasanya tanda-tanda yang diberikan sebagian besar adalah kabar buruk, lalu kabar apa yang hendak disampaikan? Masih dicari kebenarannya…

Apa itu Fraktal Julia Set ?

Julia set diambil dari nama ahli matematika Perancis Gaston Julia yang meneliti tentang bentuk circa pada tahun 1915. 

fraktal adalah suatu bentuk kurva tak reguler atau suatu pola dimana satu bagian kecil dari keseluruhan kurva itu sama dengan bentuk dari sebagian kecil yang lain atau bentuk yang lebih besar atau bahkan bentuk keseluruhan kurva yang direduksi atau diperkecil hingga seukuran dengan satu bagian tersebut.

Kurva fraktal mempunyai dua karakteristik utama yaitu
1. nonrectifiable dengan istilah lainnya “takberhingga”
2. homogenus atau homogen.
Dahulu, para ilmuwan tidak mengetahui bagaimana bentuk fraktal ini bila digambarkan kedalam wujud dimensi.  Tetapi sejak ditemukannya komputer, akhirnya fraktal ini diketahui bentuknya seperti lingkaran2 yang berputar2 dan membentuk pola2 yang indah.

Yang sangat populer adalah sistem dinamis yang kompleks yang masih sama dengan ploynomials kuadrat yang merupakan bentuk spesial dari peta rasional yang dapat digambarkan dengan rumus :

f_c(z) = z^2 + c\,

dimana c adalah complex parameter.

Bentuk lain dari fraktal julia set

Sumber referensi :

http://en.wikipedia.org/wiki/Julia_set

http://local.wasp.uwa.edu.au/~pbourke/fractals/juliaset/