Ramalan… percaya atau tidak percaya bahwa yang namanya ramalan itu pasti ada dan ada karena petunjuk yang Tuhan berikan pada orang2 tertentu yang mungkin diberi kelebihan olehNya.  Bukan berarti ramalan boleh dipercaya, dan bukan menjadi acuan untuk dapat dipercaya… karena benar atau tidak masih belum bisa terbukti kebenarannya secara tepat.  Karena takdir dan ketentun yang ada dimuka bumi ini adalah rahasia Allah SWT, kita manusia tidak dapat menduga.

Meskipun demikian, ramalan tinggallah ramalan… kalaupun benar terjadi, kita manusia tidak mungkin bisa mengelak dari ketentuan yang telah ditetapkan.  Sama juga dengan firasat, dimana firasat adalah suatu pertanda yang diberikan kepada kita melalui hal2 aneh yang mungkin terjadi sebelum datangnya kejadian besar kepada kita.  Dan biasanya firasat itu sifatnya adalah akan menceritaikan kabar buruk atau kejadian buruk, jarang sekali orang mendapat firasat sebelum ia mendengar kabar baik.  Seperti halnya ramalan, firasat tinggallah firasat.. kejadian tersebut tetap akan terjadi meskipun kita sudah mendapat firasat, karena kita tidak tahu apa maksud dari firasat tersebut.  Kalo kita tahu, pastinya aman hidup kita kali ya? benarkah? belum tahu juga ni kebenarannya…

Seperti halnya saya, akhir tahun 2000 saya baru saja dibelikan motor baru oleh ortu… motornya lumayan keren dan terbilang agak jarang di zaman itu.  Saya sangat sayang dengan motor baru itu, kerjaan sehari2 saya mencuci motor dan mengelapnya.  Tiba saatnya menjelang lebaran, seperti biasa pada tahun2 sebelumnya saya harus pulang kampung dan merayakan lebaran dikampung halaman.  Dan karena motor baru, saya berniat untuk pulang dengan mengendarai motor baru saya (jadi kalo dikampung bisa pamer nih hehe), akhirnya saya berangkat dengan peralatan yang lengkap… jas hujan, perkakas, sampai pompa pun saya bawa.

Ketika berangkat, saya berhenti berkali2… mulai dari servis motor, kemudian turun hujan sehingga saya berhenti sebentar dan mengenakan mantel (jas hujan), lalu hujan berhenti saya berhenti juga menyimpan mantel.  Adalagi karena saking lajunya mendadak penutup rantai motor berbunyi karena bautnya kendor, saya pun berhenti dan mengencangkan bautnya.  Eeh nggak jauh kemudian tiba2 rem modifan saya blong karena baut penguncinya nggak sesuai, saya pun berhenti dan memperbaikinya.  Tapi anehnya saya tidak curiga dengan keadaan ini, sampai akhirnya saya malas berhenti dan membiarkan rem saya blong (karena uda berhenti2 berkali2 untuk membetulkannya).

Sampailah disuatu tempat yang sepi, saya mencoba menyalip sebuah bis angkutan yang sangat besar hampir menutupi semua jalan.  Ketika saya baru menyalip, mendadak ada dua buah motor mengepung saya dari kanan dan belakang… saya tidak bisa melaju karena bis besar itu ada didepan.  Busyet… ternyata perampok..!! jumlahnya 4 orang dan memukul kepala saya hingga saya dan motor terjatuh.. Rupanya perampok ini mengincar motor baru saya, bukan uang yang saya bawa.  Akhirnya daripada saya celaka ya dibiarin deh motor saya dibawa kabur sama tu rampok. Apess… saya harus merelakan motor yang baru dipake 1 bulan.  Mungkin belum rezeki… begitu kata orang2, apakah benar? Haruskah rezeki orang numpang ditempat kita dan diambil paksa? Gk tau deh… Sialnya lagi, firasat sebelum kejadian itu ada tapi saya tidak tahu apa yang bakal terjadi.

Seperti halnya ramalan, terkadang ada juga ramalan yang mendekati benar tetapi sayangnya kita tidak akan bisa mengelaknya.  Ramalan dibuat bukan tanpa dasar, tentu ada pertanda2 yang tidak bisa dilihat oleh orang umum selain peramal.  Sama juga dengan ramalan cuaca, bisa diprediksi karena adanya pertanda dan ilmu pengetahuan yang mempelajari hal tersebut.  Tetapi hujan, badai, atau cuaca apapun itu tidak dapat dielakkan terjadinya sehingga ramalan hanya bertujuan untuk memberi tahu dan mengantisipasi.

Sama juga seperti ramalan perjodohan, primbon, garus tangan atau lainnya… banyak juga orang yang percaya karena ada beberapa hal yang tepat.  Ramalan perbintangan juga berkaitan dengan peruntungan dan nasib seseorang, apa benar? apa kaitannya bintang2 dengan nasib kita ya? (tunggu tulisan saya mengenai perbintangan ini, mudah2an bisa jadi bahan kita untuk mencari kebenarannya).  Yang jelas dari ramalan ini banyak juga orang yang percaya, coba tuh lihat iklan2 di tv ketik REG spasi JODOH, ketik REG spasi RAMAL, lumayan banyak juga di tv hehe

Tentunya kita tidak boleh percaya dan tidak boleh pula menganggap sebelah mata, ramalan dan firasat adalah pertanda yang wajib kita waspadai.  Meskipun akhirnya kita tidak dapat mengelaknya, namun setidaknya kita “diberi pilihan” (mungkin) untuk menghindarinya atau menjalaninya tergantung seberapa peka kita terhadap ramalan dan firasat itu.  Dan tentunya itu adalah pertanda dari Tuhan yang mungkin diberikan.  Hingga saat ini ramalan dan firasat ini masih belum tahu kebenarannya, ada yang percaya ada yang juga tidak…

Anda yakin akan kebenarannya? Atau itu tidak benar? Hmm masih dicari kebenarannya…

Tambahan bos, kalo terlalu percaya susah juga nanti jadi syirik… sebaiknya kita semua banyak berdoa dan mohon perlindungan padaNya aja, karena Tuhan Maha Tahu segalanya, oke?